Print
Ade Setiawan
Category: Statistika Dasar

Statistika adalah cabang ilmu matematika terapan yang terdiri dari teori dan metoda mengenai bagaimana cara mengumpulkan, mengukur, mengklasifikasi, menghitung, menjelaskan, mensintesis, menganalisis, dan menafsirkan data yang diperoleh secara sistematis. Dengan demikian, didalamnya terdiri dari sekumpulan prosedur mengenai bagaimana cara:

Pada artikel ini akan diuraikan secara singkat mengenai pengertian dan perbedaan statistik vs parameter, metoda statistik, statistik deskriptif vs statistik inferensial, statistik matematik vs statistik terapan, statistik parametrik vs non parametrik, dan statistik univariat dan multivariat serta peranan statistik dalam penelitian.

Statistik vs Parameter:

Metoda Statistik

Metoda Statistik adalah prosedur-prosedur yang digunakan dalam pengumpulan, penyajian, analisis, dan penafsiran data.

Ruang Lingkup Statistika

Berdasarkan orientasi pembahasannya:

Berdasarkan tahapan dan tujuan analisisnya:

Tujuan dari statistik pada dasarnya adalah melakukan deskripsi terhadap data sampel, kemudian melakukan inferensi terhadap populasi data berdasar pada informasi (hasil statistik deskriptif) yang terkandung dalam sampel. Dengan demikian, dalam prakteknya kedua bagian statistik tersebut digunakan bersama-sama, umumnya dimulai dengan statistik deskriptif lalu dilanjutkan dengan berbagai analisis statistik untuk inferensi.

Berdasarkan asumsi distribusi yang digunakan:

Berdasarkan jumlah variabel:

Peranan statistika dalam penelitian

Hubungan statistika dengan Metode Penelitian

Statistika merupakan salah satu komponen utama dalam tahapan metode penelitian, menentukan ukuran sampel, mengumpulkan, menyajikan, dan menganalisis data serta untuk melihat derajat ilmiahnya.

Hits: 43882