Sidebar Menu

Dalam era digital saat ini, memaksimalkan fungsi perangkat lunak adalah kunci untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Salah satu perangkat lunak yang menjadi andalan banyak profesional adalah SmartstatXL, sebuah Add-In untuk MS Excel yang meningkatkan fungsionalitas dan kemudahan analisis data. Namun, seperti halnya perangkat lunak lain, proses instalasi dan penghapusan memerlukan perhatian khusus untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Artikel ini akan memandu Anda melalui langkah demi langkah untuk menginstal dan menghapus SmartstatXL, mulai dari persiapan awal hingga penanganan masalah yang mungkin muncul. Baik Anda seorang pemula yang baru ingin mencoba SmartstatXL atau seorang pengguna lama yang ingin memperbarui atau menghapus versinya, panduan ini siap membantu Anda.

Penting: Informasi Mengenai Instalasi Aplikasi

Saat Anda melakukan instalasi SmartstatXL, perangkat lunak antivirus yang Anda gunakan mungkin akan memberikan peringatan bahwa file setup dianggap sebagai virus atau "potentially unwanted software". Kami ingin menegaskan bahwa ini adalah sebuah positif palsu; file setup SmartstatXL aman dan tidak mengandung kode berbahaya.

Langkah yang Disarankan:

  1. Periksa Sumber: Pastikan Anda mengunduh file setup SmartstatXL dari sumber yang resmi dan terpercaya.
  2. Nonaktifkan Sementara Antivirus: Jika perangkat lunak antivirus yang Anda gunakan memberikan peringatan bahwa file setup dianggap sebagai virus atau "potentially unwanted software", Anda dapat mempertimbangkan untuk menonaktifkan perangkat lunak antivirus sementara selama proses instalasi.
  3. Laporkan Positif Palsu: Anda dapat melaporkan deteksi ini sebagai positif palsu kepada penyedia perangkat lunak antivirus Anda. Biasanya, penyedia antivirus menyediakan opsi untuk mengirimkan file yang dideteksi untuk dianalisis lebih lanjut.
  4. Instal dengan Hati-hati: Meskipun kami menjamin keamanan file setup kami, kami menyarankan untuk selalu berhati-hati dan memastikan bahwa langkah-langkah keamanan komputer Anda telah terpenuhi sebelum melakukan instalasi.

Kami Menghargai Kepercayaan Anda:

Keamanan dan privasi pengguna adalah prioritas utama kami. Kami berkomitmen untuk menyediakan perangkat lunak yang aman dan bebas dari kode berbahaya. Kami memahami bahwa peringatan antivirus dapat menimbulkan kekhawatiran, dan kami siap untuk membantu Anda melalui proses instalasi.

Untuk pertanyaan atau bantuan lebih lanjut, silakan hubungi dukungan teknis kami.

Terima kasih telah memilih SmartstatXL.

Cara Instalasi SmartstatXL

Sebelum Memulai:

Apabila Anda sebelumnya telah menginstal SmartstatXL, mohon ikuti langkah berikut:

  1. Tutup Aplikasi MS. Excel
  2. Hapus versi SmartstatXL yang lama. (Untuk petunjuk penghapusan, baca bagian selanjutnya.)

Instalasi

  1. Unduh file instalasi SmartstatXL pada tautan berikut: https://www.smartstat.info/download/category/22-excel-add-in.html 
  2. Buka Aplikasi: Setelah mengunduh dan mengekstrak file ZIP, jalankan aplikasi Setup SmartstatXL dengan mengklik dua kali pada file ‘Setup_SmartstatXL.exe’. Pastikan Anda terkoneksi dengan internet.
  3. Atasi SmartScreen Protection: Jika notifikasi SmartScreen muncul, klik 'More info', lalu pilih 'Run anyway'. (lihat gambar) `
  4. Jendela Aplikasi ‘Setup SmartstatXL’ akan tampil (lihat gambar) `

Selanjutnya, lakukan instalasi sertifikat terlebih dahulu dan setelah berhasil menginstal sertifikat, lanjutkan dengan instalasi aplikasi SmartstatXL.

  1. Instalasi Sertifikat:
    • Pada jendela aplikasi ‘Setup SmartstatXL’, klik pada tombol "Instal Sertifikat" untuk memulai mengunduh dan menginstal sertifikat yang diperlukan oleh SmartstatXL.
    • Jika muncul jendela 'Security Warning' dengan pertanyaan 'Do you want to install this certificate?', silakan klik tombol 'Yes' (lihat gambar) `
    • Tunggu hingga muncul pesan konfirmasi bahwa sertifikat telah berhasil diinstal. Sangat penting untuk menginstal sertifikat terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke instalasi aplikasi SmartstatXL. Hal ini untuk mencegah munculnya pesan kesalahan berikut:
      Customized functionality in this application will not work because the certificate used to sign the deployment manifest for * or its location is not trusted.”
  2. Instalasi Aplikasi SmartstatXL:
    • Setelah sertifikat berhasil diinstal, klik tombol "Instal SmartstatXL" dalam jendela aplikasi yang sama untuk memulai proses instalasi aplikasi SmartstatXL.  Aplikasi akan menangani proses pengunduhan dan instalasi SmartstatXL.
    • Ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh aplikasi, termasuk mengklik 'Open' pada kotak dialog 'Open this file' ketika diminta untuk membuka ‘SmartstatXL.vsto’.

    • Klik pada tombol "Instal SmartstatXL" untuk memulai proses instalasi aplikasi SmartstatXL.
    • Pada kotak dialog 'Open this file' yang muncul dengan pertanyaan: 'Do you want to open SmartstatXL.vsto?', silakan klik tombol 'Open’.(lihat gambar) `
    • Jika notifikasi SmartScreen muncul lagi, pilih 'More info' lalu 'Run anyway' (lihat gambar) `
    • Lanjutkan dengan mengikuti instruksi pada layar untuk menyelesaikan instalasi, termasuk mengklik 'Install' pada kotak dialog yang menanyakan tentang instalasi SmartstatXL Add-In.
    • Apabila install aplikasi sukses, akan muncul konfirmasi berikut:

Konfirmasi Instalasi

Setelah instalasi selesai, buka aplikasi Microsoft Excel untuk memverifikasi bahwa Add-In SmartstatXL telah terinstal dengan benar. Anda seharusnya akan melihat tab baru 'SmartstatXL' di Ribbon Excel.

Persyaratan System

  • Hanya dapat dijalankan pada Windows.
  • Memerlukan Excel versi 2007 atau lebih baru.
  • .NET Framework versi 4.6.1 dan VSTO harus terinstal (biasanya sudah terpasang pada sistem Windows).

Catatan:

Jika Microsoft Visual Studio 2010 Tools for Office Runtime dan atau .NET Framework 4.6.1 belum terinstal pada sistem Windows Anda dan proses instalasi otomatis gagal, Anda dapat mengunduh dan menginstalnya secara manual melalui tautan di bawah ini:

Dukungan

Jika Anda mengalami masalah atau memiliki pertanyaan, silakan hubungi kontak berikut: WhatsApp 085624820640 atau email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..

 


Offline Installer untuk SmartstatXL

Jika Anda mengalami kesulitan dalam proses instalasi online, kami menyarankan untuk mencoba instalasi secara offline. Langkah-langkah instalasi offline mirip dengan prosedur standar yang telah dijelaskan sebelumnya.

Anda dapat mengunduh file sumber untuk instalasi offline dari tautan berikut: https://1drv.ms/f/s!AqQLe0mI4gTbgvBqyBpQWAP5NFim7A?e=BNoVmn


Solusi Alternatif

Jika instalasi menggunakan Installer Setup_SmartstatXL masih gagal, Anda memiliki opsi untuk menginstal aplikasi menggunakan metode ClickOnce atau MSI-Installer.

Instalasi Menggunakan ClickOnce

Kesulitan dalam instalasi terkadang disebabkan oleh masalah sertifikat. Jika Anda menghadapi masalah ini, pastikan sertifikat yang diperlukan telah berhasil diinstal. Untuk informasi lebih lanjut tentang instalasi sertifikat secara manual, silakan merujuk ke bagian "Penanganan Masalah".

Langkah-langkah instalasi:

  1. Buka folder hasil ekstraksi dan navigasi ke folder 'SmartstatXL'. Selanjutnya klik ganda pada file Setup.exe.
  2. Jika muncul notifikasi SmartScreen Protection dari Windows, Klik More info, Kemudian Klik Run anyway (lihat gambar) `
  3. Jika Anda belum memiliki Microsoft Visual Studio 2010 Tools for Office Runtime atau .NET Framework, akan muncul dialog untuk menginstalnya. Silakan klik Accept.
    Microsoft Visual Studio 2010 Tools for Office Runtime
  4. Mungkin Anda akan diminta untuk melakukan Restart pada komputer Anda.
  5. Setelah restart, ulangi langkah dari memilih Setup.exe untuk melanjutkan instalasi.
  6. Dialog konfirmasi instalasi SmartstatXL Add-In akan muncul. Klik Install
  7. Jika instalasi berhasil, dialog konfirmasi akan muncul, menunjukkan bahwa instalasi telah selesai.

Konfirmasi Instalasi

Untuk memastikan bahwa SmartstatXL Add-In telah berhasil diinstal, bukalah MS Excel. Anda seharusnya akan melihat tab SmartstatXL di bagian kanan, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Setelah SmartstatXL Add-In diinstal dengan benar, tab SmartstatXL akan muncul setiap kali Anda membuka MS Excel

Penanganan Masalah saat Pemasangan SmartstatXL (Troubleshoot)

Pesan Kesalahan:
"Customized functionality in this application will not work because the certificate used to sign the deployment manifest for * or its location is not trusted"

Jika Anda mengalami kendala saat memasang Add-in Excel dengan penginstal VSTO, paling tidak pas saat pertama kali Install, berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda coba:

Solusi Pertama (Instal Sertifikat secara manual):

  1. Dari folder hasil ekstrak, Klik kanan pada file Setup.exe dan klik Properties
  2. Klik Tab Digital Signatures (Tanda Tangan Digital), pilih Name of Signer, kemudian klik Details
  3. Klik View Certificate lalu klik InstalCertificate.
  4. Pilih Current User dan klik Next
  5. Instal sertifikat ke Root Certification Authorities (Toko Otoritas Sertifikasi Root Pengguna Saat Ini / Tepercaya). Setelah sertifikat berhasil diinstal, Anda seharusnya dapat menginstal aplikasi SmartstatXL.
    Pilih Place all certificates .. .> Browse > Pilih Trusted Root.... .
    Klik OK, lalu Klik Next
  6. Klik Finish
  7. Klik Yes
  8. Sekarang, Anda dapat mencoba kembali instalasi SmartstatXL sesuai dengan instruksi instalasi ClickOnce
    (Langkah Install Menggunakan ClickOnce No. 2, Klik ganda Setup.Exe)

Solusi Kedua:

  1. Kesalahan ini mungkin terjadi jika Anda mengekstrak file yang diunduh ke folder tertentu.
  2. Daripada mengekstrak, cobalah untuk membuka langsung file SmartstatXL_V_xxx.zip dengan klik ganda atau klik kanan dan pilih opsi 'Open' atau 'Open in new window'. Hindari memilih 'Extract All...'

     .
  3. Setelah jendela File Explorer muncul, klik ganda pada file Setup.exe
  4. Jika masalah berlanjut, silakan coba Solusi Ketiga.

Solusi Ketiga:

  1. Di kolom pencarian (di sebelah kanan logo Windows), ketik 'internet options'. Kemudian pilih 'Internet Options' dari hasil pencarian.


  2. Pada tab Security, pilih Trusted Sites, lalu klik Sites
  3. Tambahkan situs https://www.smartstat.info
    Masukkan https://www.smartstat.info dan Klik Add kemudian Klik Close


  4. Setelah menambahkan situs https://www.smartstat.info ke Trusted Sites, tutup atau segarkan browser Anda dan unduh kembali file SmartstatXL_V_xxx.zip.
  5. Lanjutkan dengan instruksi instalasi melalui ClickOnce.

Panduan Instalasi SmartstatXL Menggunakan Windows Installer (msi)

Langkah Instalasi SmartstatXL dengan Windows Intaller

  1. Unduh file SmartstatXL melalui tautan: https://www.smartstat.info/download/category/22-excel-add-in.html
  2. Ekstrak file yang telah Anda unduh.
  3. Dalam folder hasil ekstrak, klik ganda pada file Setup.exe.
  4. Jika notifikasi SmartScreen Protection muncul di pojok kanan bawah, tunggulah hingga proses scan virus selesai (lihat gambar).
  5. Dialog instalasi akan muncul selanjutnya. Klik tombol Next:
  6. Di halaman berikutnya, pastikan opsi 'Folder' dan 'Everyone' terpilih. Kemudian klik Next. (Catatan: untuk pengguna MS Office 2007, pilih opsi "Install SmartstatXL for yourself..." dan pilih "Just me").
  7. Pada kotak dialog Confirm Installation, Klik tombol Next
  8. Jika muncul peringatan "Do you want to allow this app from an unknown publisher……"
    klik YES
  9. Jika instalasi berhasil, Anda akan melihat dialog konfirmasi berikut:

Uninstall: Panduan Penghapusan SmartstatXL

Proses penghapusan SmartstatXL mirip dengan menghapus program lain melalui Add/Remove Programs. Berikut langkah-langkahnya:.

Cari lain untuk masuk ke halaman Uninstall:

  1. Tekan dan tahan tombol logo Windows, kemudian tekan tombol R (Press the Windows Key + R)
  2. Ketik: appwiz.cpl dan tekan Enter
  3. Dalam daftar program yang terinstal, cari "SmartstatXL"
  4. Pilih Uninstall

Untuk panduan yang lebih detail, Anda dapat menonton video di YouTube melalui tautan: https://youtu.be/kHgMa2Hv_gk