Sidebar Menu

Cara Analisis Percobaan RAL Faktorial

Cara Analisis Varian, Uji Lanjut, dan Uji Asumsi Anova untuk Percobaan RAL Faktorial dengan menggunakan SmartstatXL - Excel Add-in

Percobaan RAL Faktorial:

SmarStatXL bisa digunakan untuk Analisis Data Percobaan dengan menggunakan rancangan RAL Faktorial. Saat ini, hanya bisa untuk perlakuan dengan banyak ulangan yang sama (Balanced Design). Apabila percobaan RAL Faktorial hanya dilakukan satu kali pengukuran/pengamatan, Anda bisa menggunakan menu RAL Faktorial biasa. Namun apabila dilakukan pada beberapa lokasi, musim, tahun, Anda bisa menggunakan Menu Faktorial untuk pengujian antar lokasi/musim/tahun (Split Plot in Time) dan untuk pengamatan yang dilakukan secara berkala pada unit pengamatan yang sama, Anda bisa menggunakan Menu Faktorial untuk pengamatan berulang/berkala (Repeated Measure).

Apabila pengaruh perlakuan signifikan, Anda bisa melakukan Uji Lanjut (PostHoc). Terdapat beberapa uji lanjut pada SmartstatXL, diantaranya yaitu Tukey, Duncan, LSD, Schefe, REGWQ, Scott-Knott.

Langkah-langkah Analisis Ragam (Anova) dan Uji Lanjut (PostHoc):

  1. Aktifkan lembar kerja (Sheet) yang akan dianalisis.
  2. Tempatkan kursor di Dataset (untuk membuat Dataset, lihat cara Persiapan Data).
  3. Apabila kursor (Cell Aktif) tidak berada pada Dataset, SmartstatXL otomatis akan mencoba menentukan Dataset secara otomatis.
  4. Aktifkan Tab SmartStatXL
  5. Klik Menu Faktorial > RAL Faktorial.
     
  6. SmartStatXL akan menampilkan kotak dialog untuk memastikan apakah Dataset sudah benar atau belum (biasanya alamat cell untuk Dataset sudah otomatis dipilih dengan benar).
  7. Apabila sudah benar, Klik Tombol Selanjutnya
     
  8. Selanjutnya akan tampil Kotak Dialog Anova – RAL Faktorial berikut:
  9. Terdapat 3 Tahapan. Tahap pertama, Pilih Faktor dan minimal satu Respons yang akan dianalisis (Seperti pada gambar di atas)!
  10. Pada saat Anda memilih Faktor, otomatis SmartstatXL akan memberikan info di kotak bagian bawah, yaitu info mengenai banyaknya taraf (level) beserta nama dari tarafnya. Pada percobaan RAL, Ulangan tidak dimasukkan sebagai faktor.
     
  11. Penjelasan lengkap Kotal dialog Anova TAHAP 1 bisa Anda lihat pada gambar berikut:
  12. Apabila sudah benar, Klik Tombol Selanjutnya untuk masuk ke Kotak Dialog Anova Tahap-2
     
  13. Selanjutnya akan tampil kotak dialog berikut:
  14. Silahkan sesuaikan dengan Metode Penelitian.
  15. Untuk opsi lanjut, Anda bisa menekan tombol "Pilihan"
     
  16. Berikut tampilan Kotak dialog Pilihan
  17. Silahkan tutup kotak Dialog "Pilihan"
  18. Selanjutnya pada Kotak Dialog Anova Tahap 2, klik tombol OK.
  19. Pada Kotak Dialog Anova Tahap 3, Anda diminta untuk menentukan ID untuk masing-masing Faktor dan banyaknya angka di belakang tanda koma yang diharapkan. Penjelasan lengkap bisa dilihat pada gambar berikut:
  20. Selanjutnya Tekan tombol "OK"

Berikut adalah Output Analisis Ragam (Anova) RAL Faktorial:

  1. Info Model dan Tabel Analisis Ragam
    1. Tabel Nilai Kritis dan Tabel Nilai Rata-Rata berserta Uji Lanjut





Keterangan:

  • Apabila tidak memenuhi asumsi analisis ragam, periksa kembali data pencilan (outlier) atau ganti dengan menggunakan rumus data hilang.
  • Anda juga bisa mencoba melakukan transformasi data dengan menggunakan nilai lambda dari perhitungan Box Cox Transformation.
  • Data transformasi terdapat pada kolom terakhir (Box Cox Trans)
Pin It