Sidebar Menu

Persiapan Dataset (Cara Membuat Dataset untuk SmartstatXL)

Format atau layout Dataset yang akan digunakan untuk dianalisis dengan Add-In SmartstatXL sama seperti persiapan data untuk analisis SPSS atau aplikasi statistik lainnya.

1. Baris pertama Dataset adalah nama Variabel

2. Baris berikutnya adalah data

3. Dalam Dataset tidak boleh ada baris atau kolom yang kosong, baik terpisah oleh baris atau kolom. Apabila terpisah oleh kolom atau baris, maka Dataset aktif dianggap wilayah dimana Cell aktif berada (tempat kursor).

Perhatikan contoh Daset untuk analisis Statistik Deskriptif:

Pada contoh tersebut, dalam satu lembar kerja (Sheet) hanya terdapat satu Dataset. Baris pertama adalah nama variabel (label) dan baris selanjutnya adalah data. Tidak terdapat baris atau kolom yang kosong pada Dataset tersebut.

Pada Satu lembar kerja (Sheet), bisa saja terdapat beberapa Dataset. Tiap Dataset bisa dipisahkan oleh kolom kosong atau baris kosong. Perhatikan contoh Daset untuk analisis ragam (Anova) pada Gambar di bawah. Pada gambar tersebut terdapat dua Dataset. Dataset pertama untuk Dataset analisis Faktorial atau Split Plot. Bisa juga untuk Analisis Data model campuran (Mixed Design), misalnya analisis data percobaan satu faktor yang dilakukan pada beberapa lokasi atau Repeated Measure dimana pengamatan dilakukan secara berkala pada unit pengamatan yang sama. Dataset kedua adalah dataset untuk analisis RAL/RAK Satu Faktor.

Perhatikan, kedua Dataset tersebut dipisahkan oleh kolom kosong (Kolom E).

Pin It