Sidebar Menu

Tutorial GIS: Merge-Crop File GPX

Tutorial Menggabungkan file gpx (Join/Merge) dan membuang (Crop) area yang tidak diperlukan dengan menggunakan Global Mapper
Tutorial GIS: Merge-Crop File GPX
Tutorial GIS: Merge-Crop File GPX

GPX ( GPS eXchange Format ) adalah format data umum GPS dengan schema XML yang bisa digunakan untuk pertukaran data GPS antara berbagai aplikasi, dan untuk berbagi data GPS dengan layanan lain seperti layanan berbasis Web.
Pada saat kita bekerja dengan beberapa file gpx, mungkin ada diantara Anda yang ingin menyatukan beberapa file gpx menjadi satu file gpx serta membuang area yang tidak diperlukan (misalnya data-data sebelumnya, hasil survey orang lain yang tersimpan dalam file gpx tersebut). Selanjutnya file gpx yang merupakan gabungan dari beberapa file gpx tersebut kita simpan kembali dalam format gpx.


Tutorial GIS: Merge-Crop File GPX selengkapnya bisa Anda pelajari pada video berikut.

Lihat Tutorial GIS: Merge-Crop File GPX
Tutorial GIS: Merge-Crop File GPX

Dengan menggunakan aplikasi tertentu, kita bisa mengkonversi file-file gpx ke dalam format shapefile. Selanjutnya, shapefile tersebut kita gabungkan di ArcGis dengan menggunakan Command Join/Merge. Apabila kita ingin membuang data di luar area yang kita tentukan, kita gunakan Command Clip.
Langkah di atas sebenarnya tidak praktis. Alternatif lain yang lebih ringkas dan praktis yaitu dengan menggunakan bantuan software Global Mapper.

Pada Tutorial ini dijelaskan tahapan dalam menggabungkan file-file gpx yang dilanjutkan dengan membuang area yang tidak kita perlukan dengan menggunakan Aplikasi Global Mapper.


Tutorial GIS: Merge-Crop File GPX



Daftar Tutorial Sistem Informasi Geografis (GIS) lainnya, dapat Anda pelajari pada tautan berikut:

Tutorial Sistem Informasi Geografis (GIS)